Pages

Subscribe:

Rabu, 09 Mei 2012

Apa sih Horog - Horog itu ???

Mmmm ??? Horog - Horog ???


Kayaknya sih aku gak tau ???
apa itu ??
a. Game Online
b.Obat Batuk
c. Merk Buku 

salah semua.. 
Horog - Horog, itu mah makanan.. 
Makanan tradisional asli Jawa. Makanan yang berasal dari Jepara ini sudah tersebar luas di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY Jogjakarta, Jawa Barat, DKI JKT, dan Banten. Tapi kalau daerah Jawa Barat, DKI JKT, ato Banten gak tau sih, terkenal atau tidak.

Merupakan makanan pendamping atau bisa juga menjadi pengganti nasi. Kalau di Jepara, sejauh yang ane tau pernah ane tu ke Jepara trus makan bakso. 

Kalo gak salah dulu makan di warung namanya Mbah Boleng
"Mas, baksonya pakai lontong apa Horog - horog ?" kata sang penjual bakso
"Pakai Horog - horog aja" jawabku.

walhasil, datenglah semangkuk bakso dan horog - horog (sebenarnya aku belum tahu). Setelah ane tanya ama buapack ane, ternyata horog horog itu makanan yang terbuat dari pati dan gaplek (kalau di Jawa Timur).

Setelah ane makan tuh horog - horog, wenakke ker ..
citarasa unik toer asyik yang belum pernah ane dapet.

Ya, hampir sama kayak lontong, tapi lebih enak horog - horog.

Mau tau cara buatnya ????

nih ane browsingin di internet :

Bahan :
- Tepung beras 250 gram, kukus -
- Air mendidih 150 ml -
- Gula pasir 100 gram -
- Pewarna makanan merah secukupnya -
- Kelapa 1/4 butir, parut memanjang, kukus untuk taburan -

Cara membuat :
1. Cmpur tepung, air dan gula. Aduk rata hingga adonan kalis.
2. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi dengan minyak goreng,
3. Kukus selama 25 menit atau hingga matang. Angkat.
4. Selagi hangat parut kasar kue, sisihkan.
5. Sajikan dengan kelapa parut.

Untuk 5 porsi 

Sekian postingan yang udah terbengkalai akibat Ujian Nasional tingkat SMP 2011/2012. semoga ane lulus dengan nilai yang maksimal dan semua teman ane  se-antero Repoeblik Indonesia lulus sedhoyo.
amin

hidup blogger indonesia, jayalah indonesiaku
salam blogger

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Horog horog itu kan setau saya warnanya putih cenderung bening. Jadi apa fungsi pewarna makanan merah pada resep di atas?

Posting Komentar